VISTA LITE

Vista lite

Mungkin sudah banyak web site yang membahas tutorial ini,namun aku hanya sedikit share apa yang aku alami beberapa waktu yang lalu.yaitu membuat/memVista lite (mengkostum installer windows vista) seperti juga halnya mengkostum windows xp yang dikenal dengan NLite.

Oke daripada banyak omong mending kita lansung aja ya ke projek kita,

Yang pertama siapkan dulu installer vlite yang bias unduh di http://www.vlite.net/

Tetapi bagi anda yang yang menggunakan os windows xp,anda harus menginstal NET framework 2.0 yang bias anda unduh di http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=45660/

Kemudian anda instal terlebih dahulu ke pc anda setelah itu anda install Vlite nya,kemudian anda unduh (WAIK) atau AIK automatic install kit, karena untuk instalasi Vlite membutuhkan wingapi.dll dari WAIK ini,untuk memdapatkan WAIK googling aja dengan keyword waik.

Setelah semuanya siap kemudian anda kopi, installer windows vista dari cd/Dvd anda kedalam ke folder yang dapat anda buat di dalam direktori drive missal Drive D:/ dengan nama vista_sp 1 atau dengan nama yang anda inginkan yang dapat dengan mudah untuk di ingat,agar nanti tidak lupa di mana anda taruh file dari cd/dvd vista tersebut.

Sekarang kita buka program Vlitenya dengan tampilan seperti ini :

gambar 01

gambar 01

Di menu vlite pertama-tama anda klik pada botton lihat yang mana pada menu ini anda di suruh mencari file dari installer windows vista,kita arahkan saja ke direktori dimana kita tadi mengkopi cd/dvd vista tadi yaitu di d:/ vista_sp 1/.pada status akan terlihat nama dari windows vista tersebut. Kemudian klik lanjut

Di sini di hadapkan pada langkah yg ke 2.yaitu tugas, untuk tugas ini ada beberapa menu yaitu:

gmbr02

gmbr02

1.intgration

disini anda dapat mengintegasikan beberapa tambahan seperti driver,langue pack,update pack serta opsi-opsi tambahan yang lain

gmbr03

gmbr03

Sedikit tambahan,untuk memasukan opsi tambahan,pastikan anda mecekbox pada kotak enable. Klik pada botton sisipkan / browser dimana anda simpan kemutahiran terbaru dari windows vista atau driver2 yang compatible dengan win vista.

Lanjut:

2.Komponen.

gmbr 04

gmbr 04

Fitur untuk menghapus atau memelihara component-component yang ada pada windows vista,pada fitur ini jika anda menghapus beberapa component dapat memperkecil installer dari windows vista ini.tetapi untuk mengurangi component alangkah baiknya anda baca peringatan2 yang ada jngn sampai component yg anda hapus adalah component penting yang nantinya dapat mengurangi perform dari windows vista itu sendiri Lanjut…

3.Tweak

05

05


Bagi anda yang suka mengotak-atik bermacam aneka tweak silahkan anda hidupkan fitur ini,tetapi yang belum memahaminya alangkah baiknya anda lewati fitur ini dengan membuang ceklist pada fitur tweak di menu Tugas lanjut….

4. Unattended

06

06

Yaitu setting di muka,anda dapat memasukan data pengguna,seperti memasukan kunci product nama admind organisasi dan jaringan,Regional serta bahasa, supaya pada saat instalasi tidak lagi memasukan settingan tersebut. Lanjut….

5. Log

07

07

Setelah anda klik lanjut,maka otomatis program akan berjalan menyiapkan tugas-tugas yang telah di siapkan di muka,seperti integret driver.langue pack,hotfixes dan seterusnya

Setelah selesai,anda tekan lanjut…

6.ISO /Finishing

08

08

Di langkah ini yaitu  fitur ISO,anda dihadapkan pada beberapa pilihan yaitu pada Mode Buat Citra dimana fitur ini adalah untuk membuat file ISO yang nantinya dapat anda uji coba dengan menggunakan mesin virtual pc atau dengan program yang lain seperti virtual Box serta masih banyak program2 yang lain.

Mode Bakar Citra yaitu Bakar langsung ke media cd/dvd yang nantinya dapat di boot

Dari cd/dvd

Setelah pilihan anda tetapkan,sekarang klik pada botton Terapkan maka proses akan berjalan berapa menit tergantung dari speed pc anda

Selanjutnya adalah selesai anda dapat keluar dari program dan mencoba windows vista yang telah kita costum (Vlite)

Oh,ya hampir lupa. pada program Vlite ini di serta kan pula fitur Split yang mana fitur ini berguna untuk memecah dari file ISO ini menjadi bagian-bagian kecil ,anda dapat menemukan fitur ini pada botton Pisah .anda dapat mengisikan nilai atau besar kecilnya iso yang ingin anda split standartnya 700 mb.hal ini diperlukan karena mengingat file iso berukuran relatif besar di atas 1-2 Gb .

Untuk postingan split ini Insya Allah akan kita bahas di lain Waktu

Dan tentunya bagi Rekan –rekan yang pernah mengkostum windows xp (Nlite) tentunya tidak akan mengalami kesulitan,tetapi yang belum bias terus berusaha ya,! karena ketekunan adalah kunci keberhasilan.

Akhirnya saya ucapkan selamat mencoba mudah-mudahan apa yang saya sampikan sedikit barmanfaat bagi rekan-rekan newbie seperti saya ini.

Postingan ini semata-mata hanya sekedar sharing tiada maksud lain.jika mana ada yang terkait dengan postingan ini dan tidak  tercantum saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sumber: Beberapa sites di internet

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s