Cara mudah memecah File dengan Gsplit

G split

Hal ini mungkin bagi sebagian Neter bukanlah sesuatu yang baru lagi,namun bagi rekan yang belum pernah melakukanya adalah sesuatu yang membingungkan,yaitu memecah file menjadi bagian – bagian kecil sehingga bisa di save ke beberapa media penyimpanan.

Sebuah contoh, kita mempunyai file ISO yang ukuranya 3 Gg mau di save ke flashdisk,sedangkan kita mempunyai flashdisk 2 buah yang ukuran kapasitasnya 2 Gg

tentunya hal ini tidak memungkinkan file 3 Gg mau di simpan ke flashdisk 2Gg.he he he ..tapi tenang dulu di sini akan saya coba memberikan tip agar supaya file kita bisa di simpan kedalam flashdisk kita. dan file itu nantinya tetap bisa menjadi utuh kembali menjadi file ISO berukuran 3 Gg .Oke pertama siapkan alat-alatnya terlebih dahulu hi hi hi kaya mau perang aja. yaitu flasdisk yang 2 Gg tadi, kemudian kemudian carilah software Gsplits namanya,karena dengan bantuan software ini file 3 Gg tadi akan kita pecah menjadi beberapa bagian gsplits sendiri tampilanya seperti ini

gsplit

gsplit

kemudian kita cari file yang akan kita pecah ( Split ) dengan menekan bton Browser pada menu Gsplit 3 arahkan ke tempat file Iso yang ada di drive kita , misal file Iso kita ada di my document maka arahkan saja ke my dokument kemudian klik file yang akan kita split

gmbr2

gmbr2

setelah itu klik open,maka di menu Gspit akan ada keterangan nama file dan ukuran dari file kita, kemudian klik pada option Type and Size

gspit-my3

isilah pada kotak size dengan nilai yang di inginkan misalnya 500 mb   namun Gsplits sendiri mempunyai pengaturan nilai default yang ada di menu Predefined, jadi kalo g pingin repot kita tinggal pilih saja salah satu,maka otomatis file hasil splitan kita nantinya sesui dengan standart dari gsplit ini.

oh ya hampir lupa,pilihanya pada menu yang telah saya kasih tanda pada gambar di atas. setelah itu tekan menu split maka proses akan berjalan seperti ini:

gspit-my4

setelah selesai akan tampil seperti ini:

gspit-my5

untuk nelihat hasil dari hasil splitanya, kita cukup menekan menu yang telah saya kasih tanda panah pada gambar di atas.kita juga dapat menentukan  dimana nantinya akan kita letakkan file yang akan kita split yaitu pada menu: Dastination folder > destination path > Browser. misalnya kita ingin menyimpan ke my document > New folder maka tinggal mengarahkan saja ke direktori tersebut.

Nah.., hasil dari split ini nantinya akan ada satu file berextensi EXE , yaitu file yang nantinya akan mengembalikan file kita kembali seperti semula yaitu file ISO  dan beberapa file dengan nama disk1,disk2 dan seterusnya.

Oke sekarang kita kembali ke pokok  permasalahan,karena file telah kita pecah menjadi beberapa bagian yang tentunya kapasitasnya menjadi kecil-kecil maka kita dapat menyimpanya kedalam flashdisk kita misal kita simpan file tadi menjadi 10 bagian maka 5 bagian kita simpan ke flashdisk1 dan lima bagian lagi ke flashdisk 2.maka sekarang permasalahan kita teratasi,walaupun flashdisk kita kapasitasnya kecil tapi kalo jumplahnya ada beberapa keping ternyata bisa juga untuk menyimpan file besar seperti file ISO tadi.

karena tadi file telah kita simpan sekarang kita akan mengembalikan file ini menjadi file ISO seperti semula, caranya kita buat folder kosong terlebih dahulu misal di D: /New folder.setelah itu kita pindahkan semua file yang ada di flashdisk1 dan flashdisk2 yaitu file splitan tadi menjadi satu dalam folder yang telah kita buat di D>New folder.untuk mengubah menjadi file ISO lagi kita tinggal mengklik file yang berextensi EXEmaka akan tampil seperti ini:

gspit-my6

anda tinggal menentukan letak dimana nantinya file itu akan  kita Restore kemudian tekan Unite maka prosespun akan di mulai. jika telah selesai maka file kita akan utuh kembali menjadi file ISO 3Gg walaupun tadi telah kita pecah dan kita simpan ke beberapa media(flashdisk)

Sebenarnya banyak software – software sejenis yang bisa di gunakan untuk hal seperti ini,tapi ini hanya sekedar  berbagi siapa tahu diantara kita ada yang mengalami masalah seperti ini , mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif.

untuk softwarenya bisa di download di sini

Iklan

2 Komentar

  1. thanks you kang.nambah wawasan

  2. ajib mass oke di coba akh..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s