Panduan lengkap wordpress offline

Instalasi WP offline

Tutorial ini aku buat untuk seorang teman yang kemarin kirim E mail,Beliu menanyakan gimana sich caranya bisa nulis di wordpress secara offline alias tidak terkoneksi ke internet sehingga tidak memakan bandwith.
Oke di sini aku coba uraikan langkah demi langkah membuat wordpress offline. Yang pertama download dulu Aplikasi XAMPP di Di sini cari yang installer.EXE
Yang ke dua download juga WordPress dari Websitenya biasanya berupa zip,jika kedua software itu sudah siap maka kita tinggal melakukan proses instalasi ke computer kita.Ada beberapa cara dalam instalasi wordpress offline ini ,tapi saya coba memberikan cara yang paling mudah sepengetahuan saya.
1. Instal Xampp ke pc kita ,jangan lupa cekbok pada pilihan Apache,mysql dan file Zilla agar tidak usah instal satu persatu.
apabila sukses biasanya akan langsung jalan,yaitu Xammp Control panel seperti ini:

apache

2.Ekstrak wordpress yang berupa Zip tadi ke Folder Xampp > htdocs. biasanya ada di C:\Xampp\htdocs.

Jika kedua intalasi tadi telah selesai,kini anda kembali ke Xammp control panel seperti yang terlihat pada gambar di atas,kemudian anda tekan pada menu Explore di xampp cotrol panel,Clik pada folder htdocs kemudian Rename folder WordPress dengan nama Anda atau nama yang anda inginkan.

Lalu kembali lagi ke Xampp Control Panel.Clik pada menu Apache admin,Maka akan tampil halaman selamat datang seperti ini:

welcome1

Kemudian clik pada To0ls > php MyAdmin,kemudian buatlah sebuah data base pada kolom create new database di sini saya memakai nama ardadb

Note: ardadb dapat anda ganti database anda,misalnya jhon smitsdb,jonydb atau nama kamu lalu tekan create.

Kemudian anda kembali ke Xampp Control Panel ,clik pada Explore cari folder WordPress yang telah anda ganti namanya tadi, setelah itu Rename wp-config-sample.php   menjadi wp-config.php buka pake notePad pada DB_NAME yaitu pada tulisan putyourdbnamehere ganti dengan nama data base yang telah di buat tadi yaitu ardadb atau nama database kamu kemudian DB_USER yaitu pada tulisan usernamehere ganti dengan root lalu pada DB_PASSWORD ,yaitu pada tulisan yourpasswordhere di delet saja.kemudian save as.bila ada pertanyaan yang muncul, jawab aja Yes

Selanjutnya ketik pada toolbar Web browser http://localhost/nama folderwordpress /wp-admin/    lalu enter isikan title dari wordpress anda misalkan Global inspirasi jangan lupa isi dengan E mail yang valid kemudian tekan Instal.

Note: “nama folderwordPress ganti dengan nama folder wordpress yang telah di ganti tadi”

jika tidak ada kesalahan dalam configurasi maka akan muncul logo wordpress dengan user name admin serta password yang telah tercipta secara default, setelah itu buka program NotePad kemudian anda copy user name dan passwordnya kedalam note Pad lalu save .karena ini akan berguna nantinya saat anda login.

Ini dulu yang dapat aku sampaikan, tunggu postinganku selanjutnya yaitu Cara ekspor dan impor WordPress

Semoga  Bermanfaat.,!

Dari beberapa sumber di Internet

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s